Fifi-La-Ferraille

la mémoire du passé

7 TIPS DARI MINUMAN TIDAK SEHAT YANG HARUS ANDA HINDARI

| 0 comments

Ketika rasa dahaga menyerang mulut dan kerongkongan anda, mungkin anda akan mengambil cara yang cepat untuk memuaskan rasa dahaga tersebut dan biasanya air putih saja tidak cukup untuk mengatasinya. Jika anda menyadari yang sebenarnya dan sebagai individu yang mencintai pola hidup yang sehat, anda mungkin bukan tipikal orang yang suka mengambil sebotol atau sekaleng minuman soda.

Anda sudah mengetahui bahwa hal ini buruk bagi tubuh anda. Dan selain itu, masih terdapat banyak alternatif minuman sehat lain di luar sana bukan?

Tentu saja ada banyak pilihan di luar sana, tetapi anda tidak dapat begitu saja termakan omongan iklan di televisi ataupun di spanduk. Frase di kemasan mereka seperti yang terdapat di minuman kesehatan “alami” dan “rendah kalori” sama sekali tidak seperti yang anda pikirkan, artinya anda harus mendidik diri sendiri agar dapat cerdas dalam memilih nutrisi yang tepat dan membaca lebih dalam perihal label kemasan didalam produk tersebut.

Berikut ini adalah 7 minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat namun tidak sehat sehingga anda harus menghindarinya karena alasan kesehatan tubuh.

1. Susu Almond

Susu almond dapat dengan cepat menjadi minuman alternatif terfavorit semua orang dibandingkan dengan susu sapi. Selain harganya yang terjangkau, susul almond mempunyai rasa yang enak dan dibungkus dengan kemasan yang lembut sehingga menjadi pilihan yang ideal bagi mereka yang sensitif terhadap susu.

Bersumber dari kacang almond, beberapa pecintanya sangat percaya bahwa susu tersebut menawarkan semua atau sebagian besar manfaat gizi dari kacang itu sendiri. Ternyata, susu almond hanya terdiri dari sekitar 2% dari almond yang asli, sehingga kandungan seperti lemak sehat, protein, vitamin yang mereka dapatkan dari susu almond sangatlah kurang.

Para ahli menyarankan jika lebih baik mereka mengkonsumsi kacang almong yang sebenarnya. Seolah-olah itu belum cukup, produsen susu almond pun tak segan menambahkan gula untuk memaniskan rasanya dan membebani anda dengan kalori yang lebih.

Anda lebih baik mengkonsumsi segelas air dingin dan ngemil segenggam almond mentah. Tidak hanya mendapatkan tambahan 160 kalori saja, hal itu dapat membuat anda kenyang dan mendapatkan manfaat gizi yang almond tawarkan.

2. Minuman 0 Kalori

Siapapun yang menyukai jus soda pastinya mereka juga menyukai minuman yang tidak berkalori dan minuman campuran lainnya. Anda tahu betul minuman ini, mereka berbentuk paket serbuk kecil yang harus ditambahkan ke dalam air sehingga membuatnya terlihat seperti jus atau sudah diracik didalam botol dan kaleng seperti yang dijual di toko kelontong.

Jelas tulisan “tidak berkalori atau 0 kalori” terlihat lebih menarik dibandingkan dengan minuman yang penuh dengan kalori. Orang-orang berpikir jika mereka mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak maka mereka tidak akan mendapatkan kalori sama sekali.

Cukup mengejutkan karena tubuh anda lebih pintar dari itu. Ketika indra didalam tubuh anda mulai memilah rasa manis yang telah dikonsumsi, mereka pun juga dapat mengantisipasi kalori. Karena anda mengkonsumsi minuman super manis yang tidak memiliki kalori sama sekali, tubuh anda menjadi bingung dan mengeluarkan hormon rasa lapar anda sehingga anda mulai mengkonsumsi makanan berkalori tinggi seperti keripik, kerupuk, kue dan apapun yang dapat anda masukkan ke mulut dengan cepat.

Untuk mengubah kebiasaan buruk ini, cobalah untuk meremas beberapa lemon atau jeruk nipis ke dalam air mineral. Ini mungkin tidak semanis yang anda suka, tetapi setidaknya dapat menghilangkan rasa ngidam terhadap minuman tidak sehat ini.

3. Minuman Berenergi

Semua orang tahu setidaknya satu dan dua orang tidak bisa melewati harinya tanpa kehadiran minuman Red Bull, Rockstar atau Monster Energi. Minman ini dapat memberikan pecintanya sebuah gebrakan yang mereka butuhkan untuk tetap terjaga di malam hari dan melewati semua hal gila yang mereka lakukan. Ini adalah minuman yang dirindukan para pecandu kafein dan gula.

Anda mungkin mendapatkan gebrakan jangka pendek yang ditawarkan minuman berenergi itu tetapi tubuh anda akan sakit di kemudian hari, jika tidak karena kafein maka bisa dipastikan dari kandungan gulanya. Sama seperti minuman berkafein gula lainnya, minuman berenergi bisa menyebabkan kecanduam dan terkadang bisa menyebabkan anda menderita efek samping yang buruk seperti gelisah, kecemasan meningkat, sakit kepala dan migrain.

Untuk menghilangkan kecanduan dari minuman ini, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan utuh. Kurangnya protein akan menyebabkan tubuh anda gampang lelah dan beruntung bagi anda, karena kita masih dapat menanggulanginya.

4. Minuman Olahraga

Sang maniak gym dan orang-orang yang melakukan pekerjaan menuntut fisik sering mengandalkan minuman seperti Gatorade dan Powerade. Untuk sementara waktu, minuman ini telah berhasil memposisikan dirinya di pasar sebagai minuman terbaik untuk mengatasi dehidrasi dan mengisi elektrolit.

kabar buruk tentang minuman berjenis ini adalah sebagian besar dari mereka mengandung sirup jagung berfruktosa tinggi, terlalu banyak natrium dan banyak mengandung gula. Hampir sama dengan minuman berenergi, minuman olahraga juga dapat menyebabkan anda mengalami gebrakan jangka pendek selama melakukan aktifitas yang diikuti dengan efek samping.

Anda dapat menghilangkan kebiasaan yang buruk ini dengan mengkonsumsi air putih biasa dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat serta berprotein tinggi sebelum anda beraktifitas.

5. Minuman Kopi

Kebanyakan orang mungkin mengetahui bahwa minuman favorit mereka yaitu Starbucks adalah minuman yang tidak sehat. Untuk beberapa alasan, banyak orang yang meyakini ide itu datang ketika sang produsen mengemas semua kalori ke dalam latte, cappuccino dan macchiatos untuk menggantikan makanan disaat sarapan.

Anda mungkin akan mendapatkan kalori sebanyak 800, energi yang berbuih namun kualitas kalori yang anda dapatkan mempunyai nilai yang rendah dalam hal gizi. Semua lemak jenis dari bahan-bahan krim ditambah sirup gula dan perasa memberikan anda kalori kosong tanpa nilai gizi yang signifikan ditambah kecenderungan yang dapat menyebabkan anda merasa lesu nantinya.

Jika anda benar-benar tidak bisa meninggalkan kopi, cobalah perlahan-lahan beralih ke minuman yang lain dan batasi seberapa banyak yang anda konsumsi. Anda bisa mendapatkan kalori dari makanan yanc mencakup protein, karbohidrat, dan serat yang ideal. Seperti contoh didalam sepotong roti gandum dengan selai kacang ditambah buah apel.

6. Jus Buah Segar

Apa yang salah dengan jus buah yang segar? Asumsi umum yang sering beredar bahwa minuman yang satu ini lebih sehat daripada minuman yang anda beli didalam karton, botol dan kaleng. Jus buah buatan anda sendiri merupakan minuman segar tanpa ditambahkan gula, pengawet dan bahan kimia lainnya.

Ternyata hanya ada satu masalah besar didalam jus buah segar yaitu serat. Akibat kehilangan serat yang terdapat didalam buah-buahan, otomatis gula darah didalam tubuh akan semakin meningkat saat anda mengkonsumsi makanan yang manis. Tentu anda akan mendapatkan sebagian besar vitamin dan mineral saat mengkonsumsi bahan-bahan segar, tetapi dikala anda mengkonsumsi gula murni, hal tersebut harus diimbangi dengan serat.

Anda memiliki dua pilihan untuk menanggulangi masalah ini, yaitu mulai mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara utuh atau beralih dari jus untuk membuat smoothie. Anda hanya perlu meletakkan buah dan sayuran utuh ke dalam blender dan ditambah dengan beberapa bahan lain seperti air dan es sehingga anda akan mendapatkan manfaat dari kesemuanya dalam bentuk cairan.

7. Air Vitamin

Daya tarik di balik merek minuman bervitamin tertentu terlihat sangat jelas. Jika anda mendapatkan vitamin, berarti minuman ini lebih sehat dibandingkan dengan minuman lainnya bukan? Itulah hal yang produsen inginkan, mereka ingin anda berpikir seperti itu.

Memang benar bahwa minuman bervitamin memiliki semua vitamin didalamnya, namun anda juga tidak pernah berpikir bukan jika terdapat zat-zat kimia lain yang dicampurkan produsen kedalam produknya tersebut. Misalnya, satu botol minuman bervitamin berisi 33 gram gula, itu berarti minuman ini memberikan kadar gula yang lebih tinggi daripada sekaleng minuman bersoda.

Jika anda benar-benar ingin mengkonsumsi vitamin, mintalah pada dokter anda sehingga mereka akan memberikan suplemen yang tepat. Atau lebih baik lagi, melakukan diet yang seimbang dari makanan yang sehat serta perbanyak minum air putih. Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi yang lebih baik di tempat lain selain mengkonsumsi makanan bernabati dan berprotein segar.

Leave a Reply

Required fields are marked *.